Welcome The Area
---------------------------------------------------------------------------------
LANGKAH PENGAMANAN DATA DENGAN APLIKASI FREE OPEN SOURCE
Berjumpa lagi dalam blog saya, pada kali ini saya akan men Share tentang cara yang digunakan dalam langkah pengamanan data menggunakan aplikasi free open source Selama ini sistem operasi pada komputer yang dikenal baik oleh masyarakat adalah Windows, Mac, dan Linux walaupun Linux tidak sepopuler dua sistem operasi sebelumnya tentu memiliki kelebihan masing masing tapi kali ini saya akan membahas FOSS.
Cara yang harus dipersiapkan adalah 3 M + 1:
1. Mempunyai aplikasi dan operating system berbasis Free Open Source software ( FOSS )
Ada beberapa yang saya gunakan dalam komputer dan laptop saya
a. U buntu : Operating system yang memungkinkan user untuk berkreasi dengan bebas
kali ini saya merekomendasikan dua tipe prosessor AMD dan Intel kalau
berminat linknya update :
kelebihan menggunaan OS pada U buntu 11.10 ini sudah terdapat aplikasi
libre office kalau di windows itu microsoft office, Firefox for u buntu,Thunder bird mail,
dan beberapa sofware lain seperti U buntu sofware center, update manager sebagai aplikasi bawaannya.
2. Memberikan autentik / personal code : kebiasaan yang dilakukan secara umum oleh user adalah
meninggalkan data terpenting begitu saja, hal ini dapat berakibat fatal selain dari kebobolan data.
saya menyarankan anda untuk menggunakan menggunakan password untuk login atau wakeup komputer.
3. Memberikan data yang berbentuk doct, xml, odt dll, sebagai contoh file berekstention microsoft word
exstension doct atau di libre office odt dll harus diberi password, namun kali ini hanya dibahas file
exstenstion odt yaitu libre office
Untuk langkahnya sebagai berikut :
- Simpan file yang telah di ketik dengan mengklik file
- Pilih save untuk menyimpan biasa atau save as meyimpan data ulang data yang ada tetapi ingin
menggunakan file namun menyimpan dengan dua file dengan nama berbeda atau hanya ingin mengedit
beberapa terus anda ingin menyimpan ulang dengan nama yang lain
- Klik centang Tulisan " Save With Password " di sudut bawah, lalu akan muncul kotak dialog " Enter
Password to open " masukan password yang kita inginkan misalnya " Zee " kemudian masukkan nama
yang diketik pada kotak dialog " Enter Password to open " tadi ke kotak dialog " Confirm Password "
3. Rahasiakan pemberian passwordnya kepada user lain yang dianggap bisa membocorkan rahasia
terpenting kepada pihak yang tidak bertanggung jawab.
Demikianlah sedikit informasi yang saya bagikan semoga bermanfaat. kunjungi juga http://adirozali.blogspot.com/ untuk share informasi yang lain, trims
mas,, fotnya lucu banget,,,,...
BalasHapushheheheheeee......